Juni 25, 2020 Oleh pandawa19 0

Situs Rujukan Belajar Islam Secara Luas

Kemajuan dalam dunia teknologi selayaknya tidak hanya untuk memikirkan perkara duniawi saja. Tetapi alangkah baiknya jika digunakan pula untuk hajat kepentingan akhirat kelak.

Selah satu yang bisa dimanfaatkan dari teknologi untuk kepentingan akhirat adalah belajar ilmu agama atau ilmu spiritual. Ilmu jenis ini sebenarnya tidak hanya berguna untuk bekal di akhirat saja, tetapi juga bekal memperbaiki jiwa dan akhlak manusia dihadapan manusia yang lainnya.

Banyak beredarnya ebook-ebook islami di dunia maya ikut meramaikan keilmuan syari tentunya. Selain itu juga semakin banyaknya website-website islami yang beredar di dunia maya.

Teknologi bak pisau yang tajam, tinggal bagaimana kita menggunakannya apakah untuk sesuatu yang bermanfaat ataukah sesuatu yang mendulang maksiat, juga bisa didapat dengannya.

Meski merebaknya website islami di ranah internet, tidak menutup kemungkinan juga didapati website abal-abal yang menamakan dirinya islam tetapi konten-konten di dalamnya justru memuat akidah-akidah yang sesat dan menyesatkan. Justru jauh dari nilai keislaman baik ditinjau dari segi syariat, teolog, atau tasawuf.

Nah, buat kamu yang hendak belajar lebih dalam tentang ilmu keislaman yang mendalam termasuk sejarah-sejarah islam atau informasi terupdate seputar agama, berikut ini beberapa situs islami rekomendasi kami.

 

Situs Rujukan Belajar Agama Islam

Ilmu pengetahuan umum saat ini telah banyak dipelajari oleh seseorang bahkan hingga menjadi profesor dan ahli dibidang pengetahuan umum.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya ilmu pengetahuan umum itu masuk dalam ilmu kauni yang hukumnya fardhu kifayah. Artinya bila telah ada orang yang mempelajarinya, maka bagi umat Islam yang lain tidak wajib mempelajari ilmu itu, alias berubah hukumnya menjadi sunnah atau mubah, tergantung dari penggunaannya.

Nah adapun ilmu agama terbagi dalam 2 hukum, yaitu ada yang wajib fardhu ‘ain dan ada yang fardhu kifayah.

Ilmu yang fardhu ‘ain adalah ilmu wajib yang harus dipelajari seseorang sesuai dengan agama dan kewajiban dirinya. Seperti seorang muslim wajib belajar tentang shalat, puasa, zakat dan lainnya dan harus diamalkan sesuai waktunya.

Adapun ilmu yang hukumnya fardhu kifayah seperti masalah agama yang agak jlimet atau mendalam, maka jika sudah ada yang mendalami ilmu itu, gugurlah kewajibannya dan turun hukumnya menjadi sunnah sesuai dengan tingkatannya.

Berikut ini, situs atau website islami yang membahas tentang ilmu agama Islam yang InsyaAllah terpercaya. Karena mengahadirkan ayat-ayat Quran dan Hadits, juga disertai komentar para ulama’ dalama memahami sumber hukum tersebut.

ISLAMI.CO

Situs islami ini menyajikan kajian keislaman yang mendasar dan lengkap sehingga orang-orang awampun juga bisa menimba ilmu dari situs islami ini.

Selain mendalami ilmu islami, website ini juga membahas persoalan politik dan dunia islam.

Sajian dari berita dan informasi islam ini cukup menarik buat kaum milenial hari ini, sehingga cocok untuk dijadikan salah satu referensi situs islami.

NU.OR.ID

Situs islami lainnya yang bisa dijadikan rujukan dalam mempelajari islam adalah situs resmi milik organisasi Nahdlatul Ulama.

Situs ini cukup komplit karena memabahas materi agama Islam dari berbagai disiplin ilmu seperti ekonomi islam, warisan, ilmu tauhid, fiqih dan lain sebagainya.

Situs ini digawangi langsung oleh kader muda NU dan menjawab beberapa problematika umum di tengah umat.

ERAMUSLIM.COM

Situs ketiga yang cukup unik membahas keislaman adalah eramuslim. Website islami ini membahas beberapa ilmu islam, juga kabar terhangat dari dunia islam.

Yang menarik dari situs ini selain membahas permasalahan diatas adalah adanya review atau resensi buku bahasa Indonesia untuk memperdalam wawasan keislaman kita.

SALIKUN.COM

Situs ketiga yang bisa menjadi rujukan belajar islam adalah salikun.com. Per bulan juni 2020 situs ini jika dilihat dari registar domainnya, terbilang belum berumur 1 tahun. Tetapi update informasi islam di dalamnya termasuk cukup deras. Hampir setiap hari ada artikel keislaman yang diupdate dari situs ini.

Satu materi dibahas secara mendalam dan sangat luas sehingga satu materi di dalamnya bisa mencapai 2-3 lembar jika dituangkan dalam bentuk tulisan di hvs.

Selain itu, situs ini juga banyak membahas persoalan doa harian, tafsir mimpi menurut para ulama’ islam hingga persoalan harian yang ada disekitar kita.