Mei 19, 2020 Oleh Writer39X 0

Sejarah perkembangan bola basket dunia yang wajib kamu tahu

Sejarah perkembangan bola basket dunia dari awal ditemukan hingga saat ini. Bola basket adalah olahraga yang sangat diminati di Amerika Serikat dan Negara Eropa lainnya. Olahraga ini bisa dikatakan sangat populer terutama di kalangan anak muda dan para remaja.

Bahkan di Amerika hampir setiap rumah pasti memiliki tempat untuk bermain basket meskipun hanya ring dan papan pantul. Di indonesia meskipun permainan basket cukup terkenal akan tetapi olahraga ini kurang begitu merakyat, setidaknya masih kalah dibandingkan dengan sepak bola.

Bagi anda pecinta olahraga basket pasti ingin tahu lebih banyak mengenai permainan yang satu ini. Berikut kami rangkum seputar sejarah permainan basket ditemukan:

Sejarah bola basket

Permainan basket awalnya ditemukan oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith yang berasal dari Kanada. Permainan ini diterapkan di sebuah yayasan yang bernama YMCA atau Young Mens Christian Association di Massachusetts Amerika Serikat.

Nama basket pada olahraga ini sebenarnya merupakan pemberian dari seorang murid naismith saat memainkan olahraga ini. Seiring permainan ini yang menjadi cukup terkenal akhirnya untuk pertama kalinya permainan bola basket dipertandingkan pada tanggal 20 januari 1892 di tempat kerja Naismith.

Sejarah perkembangan bola basket

Permainan bola basket ditemukan oleh Naismith saat ia mengajar di YMCA. Penemuan bola basket 4 tahun sebelum ditemukannya olahraga voli oleh morgan yang merupakan junior Naismith di YMCA.

Permainan bola basket mulai dikenal luas bahkan masuk ke daratan Asia tepatnya pada tahun 1894. Pada waktu itu awalnya Bailey lah yang pertama kali mengenalkan olahraga ini di Asia terutama di tiongkok. Dari sini kemudian permainan bola basket mulai meluas hingga masuk ke Indonesia.

Pada tahun 1894 pengelola YMCA mulai menyusun sebuah aturan dalam permainan basket. Dan tepat 1 tahun setelahnya kamus besar bahasa inggris memasukkan basketball sebagai salah satu kosakatanya. Dengan demikian, permainan bola basket sudah resmi menjadi olahraga internasional dan bukan hanya milik YMCA saja.

Pada tahun 1918 akhirnya YMCA juga memperluas kepopuleran permainan basket hingga masuk ke daratan eropa. Dan pada tahun berikutnya diselenggarakan sebuah pertandingan yang diadakan di Joinville di mana olahraga ini masuk ke dalam salah satu cabang olahraga dalam olimpiade militer.

Sejarah basket menjadi olahraga resmi

Seiring semakin populernya permainan basket hingga meluas ke seluruh dunia akhirnya olahraga ini menjadi salah satu permainan resmi yang telah ditandai dengan dibentuknya Federasi Basket Internasional. Federation International De Basketball atau FIBA didirikan di Swiss melalui sebuah kongres pada tahun 1932.

Hingga saat ini FIBA merupakan federasi resmi bola basket dunia yang mengatur banyak hal seputar olahraga ini termasuk jumlah pemain basket, durasi permainan, serta sistem penskorannya.

Akhirnya permainan bola basket untuk pertama kalinya masuk ke salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade yang pertama kali digelar di berlin Jerman yang diikuti kurang lebih 20 negara.

James Naismith menghembuskan nafas yang terakhir di tahun 1939 setelah dirinya berhasil membawa Amerika serikat juara olimpiade untuk yang pertama kali di cabang olahraga basket.

Masuknya basket di indonesia

Salah satu yang membuat permainan basket bisa masuk ke indonesia adalah adanya orang-orang tiongkok yang mengenalkan nya. Permainan ini memang untuk pertama kalinya dipertandingkan oleh orang-orang tiongkok terutama di sekolah-sekolah mereka.

Maka tidak heran jika pemain basket jempolan pada waktu itu biasanya adalah orang keturunan tiongkok. Setelah dikenalkan oleh orang-orang tiongkok, akhirnya permainan basket mulai semakin dikenal khususnya pada tahun 1930-an. Pada waktu itu sudah mulai terbentuk beberapa klub bola basket di Indonesia meskipun Indonesia masih belum merdeka.

Referensi:
https://perbasi.or.id/sejarah-bola-basket-indonesia/
https://www.caraprofesor.com/jumlah-pemain-bola-basket/