Maret 13, 2022 Oleh basjlutyp 0

Pentingnya akta pendirian perusahaan untuk bisnis anda

Apakah Anda saat ini berencana untuk memulai bisnis? Dalam hal ini tentunya Anda sangat membutuhkan informasi tentang izin perusahaan atau akta pendirian perusahaan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para pelaku usaha untuk mengetahui hal-hal penting yang berkaitan dengan akta pendirian perusahaan.

Pentingnya akta pendirian perusahaan

Jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha, Anda memerlukan pemahaman dasar tentang apa yang dibutuhkan dalam bisnis yang Anda bangun.

Salah satunya adalah mengetahui pentingnya akta perusahaan. Prosedur ini akan membuat perusahaan Anda lebih profesional.

Informasi penting tentang akta perusahaan

Sertifikasi, bukan hanya untuk mendirikan perusahaan saja; tapi juga penting untuk pengembangan perusahaan.

Dengan adanya akta perusahaan, perusahaan Anda juga akan dengan mudah mendapatkan kerjasama dan dukungan dari instansi pemerintah, jika sewaktu-waktu diperlukan.

Berikut ini beberapa penjelasan tentang pentingnya akta perusahaan dan persyaratan untuk memndirikan PT atau CV….

1. Akta perusahaan

Apa itu akta perusahaan? Akta pendirian perusahaan merupakan salah satu dokumen yang diperlukan sebagai bukti pendirian suatu perusahaan, baik kecil maupun besar. Setiap perusahaan dengan akta perusahaan ini akan memudahkan pemiliknya untuk bekerja dengan sebanyak mungkin agensi yang diperlukan.

2. Dasar hukum

Dasar hukum perbuatan ini terdapat dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, Pasal 7 dan 8 Ayat 1 tentang perseroan terbatas.

3. Persyaratan pembuatan kata kerja

Persyaratan untuk Akta Pendirian antara lain fotokopi kartu identitas yang dimiliki oleh pendiri perusahaan sekurang-kurangnya dua orang.

Kemudian fotokopi Kartu Keluarga (KK) wali, serta foto wali, dan fotokopi PBB tahun lalu.

Selanjutnya, Anda memerlukan salinan surat kontrak perusahaan, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, serta foto kantor perusahaan.

Persyaratan ini bisa diberikan saat ada petugas yang melakukan survey di kantor anda.

4. Persyaratan pembuatan CV

Untuk mendirikan CV, perusahaan harus menyerahkan dokumen termasuk file identitas pendiri beserta sekutu aktif dan pasif, nama CV, nama mitra pengelola, pendaftaran alamat dengan PN, dan salinan formasi penyelesaian tunai dari beberapa mitra atas nama kemitraan.

Langkah kedua adalah melakukan registrasi akta pendirian CV, dilanjutkan dengan langkah-langkah selanjutnya yaitu mengurus izin usaha, mengurus akta pendirian perusahaan, dan mengumumkan peresmian CV yang didirikan.

5. Persyaratan penerbitan Akta Pendirian PT

Fotokopi KTP bagi pemegang saham dan direksi minimal dua orang, fotokopi KK atau PJ direktur perusahaan, ditambah foto berwarna petugas PJ dan NPWP, fotokopi sertifikat PBB, RT, dan RW bagi yang ada di desa dan foto kantor tanggal.

Berkas ini diberikan saat petugas melakukan survei.

6. Fungsi Akta Perusahaan

Fungsi dari akta perusahaan ini adalah untuk menjamin keabsahan perseroan di mata hukum, serta memberikan kejelasan tentang kedudukan perseroan dalam kaitannya dengan kepemilikan perseroan, dan fungsi ketiga adalah sebagai akta pendirian perseroan.

7. Biaya Pembuatan Akta Perusahaan

Secara umum, biaya tindakan ini bervariasi dari Rp5 hingga Rp8 juta. Namun, setiap daerah memiliki biaya yang berbeda berdasarkan kebijakan masing-masing daerah.

Biaya tersebut hanya untuk pengurusan akta pendirian perusahaan Anda. Namun untuk hal lain seperti SIUP dan TDP seringkali memiliki biaya administrasi sendiri.

Demikian beberapa penjelasan penting tentang pentingnya anggaran dasar suatu perusahaan dan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penerbit anggaran dasar, serta informasi tentang pendirian PT dan CV. Bagi anda yang merasa ini terlalu merepotkan dan membutuhkan bantuan; anda bisa menggunakan jasa pembuatan akta perusahaan. Jasa pembuatan akta perusahaan akan membuat semua proses ini menjadi lebih cepat dan lebih mudah.