belajar desain grafis
Maret 14, 2021 Oleh basjlutyp 0

Mengenal Prinsip Dasar Desain Grafis

Apakah anda tertarik untuk mendalami desain grafis? Desain grafis memang semakin banyak peminatnya beberapa tahun terakhir ini. Terlebih karena software untuk membuat desain grafis semakin canggih dan semakin user friendly.

Apa Itu Desain Grafis?

Desain grafis adalah sebuah bentuk seni yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan. Pesan ini biasanya disampaikan dalam bentuk kombinasi elemen gambar, garis, dan teks. Tujuan dari pembuatan desain grafis adalah memanfaatkan sifat daya tangkap manusia yang lebih tertarik dengan sesuatu yang menarik secara visual.

belajar desain grafis

Di dalam ilmu desain grafis, semuanya dianggap sebagai gambar. Bahkan huruf pun dipandang sebagai gambar, karena huruf bisa dibentuk dengan unik untuk menjadi simbol atau untuk memuat pesan tertentu. Desain grafis biasa juga dikenal dengan nama Desain Komunikasi Visual.

Jika anda adalah seorang desain grafis, maka tujuan utama dari karya anda adalah untuk membuat orang mengerti pesan yang terkandung di dalam hasil karya anda. Tidak ada gunanya sebuah karya menarik secara visual jika gagal menyampaikan pesan yang harus diterima oleh orang yang melihat hasil desain grafis tersebut.

Jadi seorang desainer grafis harus mempunyai kemampuan kognitif untuk membantu orang memahami pesan yang ada di dalam hasil karyanya. Dengan demikian barulah karya desain grafisnya itu mempunyai nilai. Untuk itu seorang desain grafis harus memahami prinsip dasar dalam desain grafis.

PRINSIP DALAM DESAIN GRAFIS

KOMUNIKASI

Seperti yang sudah dijelaskan di atas … sebuah karya desain grafis harus mempunyai pesan yang dikomunikasikan. Jika tidak maka desain grafis tersebut tidak ada gunanya. Jadi ini harus menjadi prinsip paling mendasar dan paling diutamakan oleh seorang graphic designer.

KESEDERHANAAN

Agar sebuah pesan bisa diterima dengan baik, maka sebuah karya desain grafis biasanya tidak terlalu terdistorsi dengan hal-hal yang tidak penting. Sudah bukan rahasia lagi bahwa pikiran manusia sangat gampang teralihkan. Jadi seorang desain grafis harus menghindari hal-hal yang bisa mengalihkan fokus orang yang melihat karyanya.

KESEIMBANGAN

Biasanya sebuah desain grafis dituntut untuk mempunyai keseimbangan formal dan informal. Yang dimaksud dengan keseimbangan formal adalah konsistensi dalam penggunaan elemen-elemen yang dimasukkan ke dalam desain. Lalu yang dimaksud dengan keseimbangan Informal adalah unsur desain yang membuat desainnya terlihat dinamis dan fleksibel.

KESATUAN

Ini adalah prinsip yang sangat penting. Suatu karya desain grafis bisa terlihat timpang jika elemen-elemennya tidak saling terhubung satu sama lain. Jadi baik pengaturan warna, pengaturan elemen, pemilihan kata, unsur-unsur dekorasi harus terlihat menyatu. Dengan demikian barulah sebuah desain grafis bisa menyampaikan pesannya dengan efektif.

Ini adalah prinsip-prinsip utama yang harus ada di dalam sebuah desain grafis. Jadi desain grafis bukan hanya kemampuan menggambar saja. Anda harus mempunyai pemahaman dalam membangkitkan kesan dan image yang tepat untuk hasil karya anda. Untuk bisa melakukan ini biasanya orang harus belajar hal-hal mendasar tentang desain grafis. Jika anda tertarik untuk belajar hal-hal mendasar tentang desain grafis ini, maka sebaiknya anda mengambil pendidikan desain grafis.

Tentu anda juga bisa belajar secara otodidak. Saat ini ada banyak website yang memberikan materi-materi dasar tutorial belajar desain grafis yang bisa anda ikuti dengan mudah, karena website ini memang di desain untuk pemula. Bahkan sudah banyak video di Youtube yang bisa membantu anda untuk memperdalam kemampuan desain grafis anda.