Mei 30, 2019 Oleh basjlutyp 0

Mengenal Pengapuran Lutut & Cara Mengobatinya

Pada dasarnya, ada 3 faktor yang diyakini meningkatkan risiko seseorang mengalami Pengapuran Lutut. Berikut penjelasannya.

1. Faktor usia

Munculnya gejala Pengapuran Lutut dalam tubuh seseorang paling sering dipicu oleh bertambahnya usia. Dalam banyak kasus, kebanyakan orang yang menderita kalsifikasi adalah wanita. Tapi sampai sekarang belum ada penjelasan lain mengapa ini bisa terjadi.

2. Cedera sendi

Pengapuran Lutut juga dapat diakibatkan oleh cedera karena pekerjaan yang dilakukan, yaitu pekerjaan yang membutuhkan gerakan berulang pada sendi tertentu. Selain itu, cedera sendi yang diakibatkan oleh aktifitas olahraga yang berat atau kecelakaan lalu lintas juga dapat berperan dalam pembentukan Pengapuran Lutut.

3. Kegemukan

Seseorang dengan kelebihan berat badan atau obesitas bisa menyebabkan persendian yang menopang tubuh menanggung beban yang berlebihan. Ini tentu saja meningkatkan risiko seseorang mengalami Pengapuran Lutut akibat gesekan yang ditimbulkan sangat besar. Selain itu, hal-hal yang dapat menyebabkan Pengapuran Lutut adalah penyakit gula dan rematik.

Bagaimana Cara Mengatasi Pengapuran Lutut

Jika Anda pernah mengalami Pengapuran Lutut, maka ada beberapa gaya hidup yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi Pengapuran Lutut.

1. Menurunkan berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan, itu tentu saja menyebabkan persendian mengalami tekanan berlebihan yang tentu saja bisa berdampak negatif pada Pengapuran Lutut yang terkena. Kemudian, solusi untuk mengatasi Pengapuran Lutut untuk masalah kelebihan berat badan adalah dengan menurunkan berat badan.

2. Olahraga

Untuk mengatasi Pengapuran Lutut, hal itu bisa dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Manfaat dari olahraga adalah untuk menguatkan otot di sekitar persendian yang mengalami pengapuran. Olahraga secara teratur dapat membuat persendian lebih stabil dan mengurangi proses Pengapuran Lutut yang terkena. Ingat, jangan berolahraga secara berlebihan karena hal itu justru akan berdampak negatif pada sendi lutut anda.

Tetapi anda harus tahu bagaimana cara olahraga yang benar. Untuk itu silahkan baca:

Memahami Olahraga Yang Benar Untuk Penderita Pengapuran Lutut

3. Kompres dengan air panas atau dingin

Ketika kondisi untuk Pengapuran Lutut menyebabkan rasa sakit, anda bisa mencoba mengurangi rasa sakit dengan melakukan kompres air panas atau dingin. Kompres dengan air dingin dapat digunakan jika rasa sakitnya masih sangat tajam, untuk mengurangi peradangan. Saat menggunakan kompres dengan air panas, itu dapat bekerja untuk membuat otot rileks dan mengurangi rasa sakit.

4. Gunakan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit

Anda juga bisa mencoba menggunakan analgesik seperti krim atau gel yang dapat dengan mudah diperoleh di apotek. Krim atau gel ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada persendian lutut dan jari. Atau anda bisa mencoba memakai Glunano Obat Pengapuran Lutut untuk membantu mengatasi proses pengapuran yang terjadi pada lutut anda. Produk Glunano ini sendiri sudah cukup banyak membantu mereka yang mengalami pengapuran lutut