kontes suara burung
Maret 23, 2021 Oleh basjlutyp 0

MENGENAL KOMUNITAS PECINTA BURUNG KICAU

Hobby setiap orang bisa berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang suka menggambar, menyanyi, menulis cerita, berpetualang, dan ada juga yang suka memelihara hewan tertentu. Salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak peminatnya adalah burung.

Terlebih lagi burung-burung yang mempunyai kicauan yang indah dan khas. Beberapa orang bahkan mengadakan pertandingan atau kontes untuk mempertandingkan suara burung peliharaan mereka.

Burung-burung yang diadu kicauannya di dalam sebuah kontes ini biasanya harus memenuhi kriteria tertentu untuk bisa memenangkan kontes tersebut. Jadi ada banyak metode yang dilakukan oleh para pemilik burung untuk melatih burung peliharaan mereka agar bisa berbunyi sesuai dengan standar keindahan yang ditetapkan oleh kontes.

Namun salah satu metode yang diakui oleh banyak pemilik burung adalah mendekatkan burung yang dilatih dengan burung-burung yang mempunyai kicauan yang indah. Tujuannya agar burung yang dilatih bisa meniru burung yang indah kicauannya itu.

Tapi bukan hal yang mudah untuk mendapatkan burung dengan kicauan yang indah, karena burung-burung yang sudah dilatih dengan khusus saja yang mempunyai kicauan yang memenuhi standar untuk kontes kicau burung. Oleh karena itu ada banyak orang yang mencari rekaman suara burung yang mempunyai kualitas kicauan yang baik. Sayangnya tidak semua orang mempunyai keahlian untuk menghasilkan rekaman suara kicauan burung yang jernih.

Untungnya saat ini sudah ada beberapa website yang menyediakan rekaman audio suara burung yang mempunyai kualitas yang jernih sehingga sangat mudah untuk digunakan melatih burung. Rekaman audio kicauan burung ini tersedia untuk berbagai jenis burung, jadi anda harus memilih yang sesuai dengan spesies burung yang anda pelihara.

kontes suara burung

Beberapa burung yang rekaman suaranya bisa anda temukan dengan mudah antara lain adalah: Burung Lovebird, Murai batu, Burung kacer, Anismerah, Aniskembang, Cucak ijo, Sogok ontong,Cendet, Ciblek, Cililin, Burung gereja, Jalak kebo, Jalak suren, Jalak Nias, Jalak Putih, Kenari, kolibri, kutilang, Sirtu/Cipoh/Cipow, Tekukur, Trucukan, Burung walet, Branjangan, Burung Hwamei/Wanbi, Kapas Tembak, Tengkek Buto, Burung Gelatik, Poksay, Srigunting, Burung Sanger, Burung Decu, Burung Beo, Suara Pikat Burung Kecil, dll.

Biasanya website-website yang menyediakan audio rekaman suara burung ini sudah memilih kicauan burung berkualitas untuk mereka upload di websitenya. Jadi anda tinggal mendownload dan menggunakan file mp3 suara burung ini untuk melatih burung peliharaan anda.

Bagaimana cara melatihnya?

Untuk melatih burung anda berkicau sebaiknya anda mencari waktu di mana burung anda sedang bertengger dengan rileks. Ini adalah waktu yang terbaik untuk memperdengarkan rekaman suara burung yang sudah anda download tadi. Suara burung yang anda download dan perdengarkan ini biasa disebut sebagai masteran.

Jika anda memperdengarkan suara burung masteran ini pada saat burung anda sedang aktif, maka biasanya burung tersebut tidak akan fokus mendengarkan bunyi suara burung ini. Tapi burung anda akan aktif membalas kicauan burung dari rekaman mp3 tadi. Tentu saja ini tidak masalah jika memang anda hanya bertujuan untuk memancing burung anda untuk ikut berkicau.