Oktober 17, 2019 Oleh rezkyh 0

Menata Ruang Keluarga Yang Nyaman Dan Menyenangkan

Menata ruang keluarga yang nyaman memang terlihat mudah. Akan tetapi tanpa perencanaan yang matang, ruang keluarga hanya akan menjadi sebuah ruang tanpa memiliki arti lebih. Secara psikologis, kenyamanan di ruang keluarga bisa didapat dari penataan interior yang membuat ruangan tidak terkesan sempit atau sumpek. Penataan ruang keluarga hendaknya dapat menimbulkan suasana yang santai, hangat, akrab dan tentunya menyenangkan. Sehingga emosi dan rasa lelah yang menumpuk setelah beraktivitas seharian di luar rumah dapat berkurang dengan quality time dan bersantai di ruang keluarga.

Ketika menata sebuah ruang keluarga, Anda perlu mengenali fungsi utama yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Apakah ruang keluarga hanya akan digunakan sebagai tempat bersantai dan menonton TV, atau juga digunakan sebagai tempat bermain dan ruang baca? Jika ruang keluarga akan digunakan sebagai area bermain, maka tidak perlu meletakkan perabot dengan ukuran besar yang menghabiskan space. Sedangkan jika ruang keluarga juga akan digunakan sebagai ruang baca maka Anda perlu menyiapkan lampu baca khusus untuk diletakkan di dalamnya.

 

Oleh karena itu agar penataan ruang keluarga dapat memaksimalkan kesempurnaan desain rumah, berikut beberapa tips menata ruang keluarga menjadi lebih nyaman dan hangat.

  1. Menentukan tema dan furniture

Suasana dengan tema seperti apa yang ingin Anda ciptakan di dalam ruang keluarga harus jadi pertimbangan utama. Tema yang ditentukan akan berkaitan erat dengan pengaturan dan pemilihan furniture dalam luas ruang tertentu, pemilihan cat dinding serta dekorasi lainnya. Jika ingin menjadikan ruang keluarga juga sebagai ruang bermain anak, maka pilihlah tema yang playfull dengan warna-warna cerah. Sedangkan jika ruang keluarga ingin terlihat lebih cozy, nyaman dan elegan Anda bisa memilih tema dengan dominasi warna coklat di dinding.

Tata letak furniture menjadi hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan. Ukur terlebih dahulu luas ruangan sebelum akhirnya memilih furniture. Jenis furniture yang dipilih tentunya akan tergantung pada tema yang telah ditentukan. Furniture dengan dominasi kayu sangat cocok untuk ruang keluarga bertemakan etnik.

  1. Aksesoris dan dekorasi

Dekorasi ruang yang tepat akan membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman, hangat dan tentunya terlihat lebih menarik. Aksesoris dan dekorasi ruangan tentu akan menginduk pada tema. Untuk membuat tema etnik semakin kental di dalam ruangan, Anda bisa menambah beberapa perabotan dan juga menggelar karpet bernuansa kayu. Sebagai hiasan tambahan, letakkan vas bunga, lampu gantung, bantal, lampu meja, table runner dan juga foto keluarga yang ditempel di dinding. Dengan komposisi yang tepat, ruang keluarga tidak hanya semakin nyaman melainkan menjadi lebih indah dan menarik untuk dilihat.

  1. Lantai

Lantai menjadi bagian fundamental dalam dekorasi sebuah ruangan. Tidak hanya desain, material yang digunakan untuk lantai juga sangat perlu diperhatikan. Di ruang keluarga, Anda bisa lebih imajinatif dalam memilih tekstur lantai yang paling disukai. Warna lantai yang dipilih harus sesuai dengan tema ruang keluarga yang diinginkan. Anda bisa memilih lantai dengan warna terang maupun gelap. Selain itu Anda juga bisa memilih apakah lantai ingin dibuat lebih menonjol atau setara dengan furniture lainnya. Untuk tema etnik, Anda bisa memilih lantai dengan material kayu, marmer dan keramik. Sedangkan jika ingin menampilkan kesan yang lebih sederhana, Anda bisa memilih lantai dengan warna yang netral.

  1. Keluar masuknya udara dan cahaya

Ruangan yang sehat tentu memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang baik sehingga terhindar dari lembab. Lengkapi ruang keluarga dengan bukaan jendela yang menjadi jalan keluar masuknya udara dan juga cahaya. Agar bisa mendapat sirkulasi udara yang lebih segar, sejak awal pembangunan rumah Anda bisa meletakkanmemberikan posisi ruang keluarga tepat berhadapan dengan halaman belakang. Tujuannya adalah agar pemandangan menjadi lebih fresh, udara yang masuk lebih segar dengan beberapa tanaman di halaman belakang, serta cahaya yang masuk menjadi lebih maksimal. Untuk pencahayaan pada malam hari, Anda bisa gunakan downlight dengan dimmer yang bisa diatur tingkat kecerahannya. Usahakan untuk menciptakan rumah yang hemat energi dengan memanfaatkan pencahayaan dari matahari secara penuh pada siang hari. Pertimbangkan beberapa hal di atas sebelum mulai menata ruang keluarga yang nyaman.