Februari 23, 2020 Oleh bangizal 0

Media Sosial Yang Paling Populer Untuk Jualan Online

Perkembangan teknologi digital dan internet sangat pesat sekali belakangan ini. Kemajuan teknologi ini diikuti oleh perubahan fungsi pada beberapa platform yang ada di internet.

Salah satu jenis platform yang terkena efek dari perkembangan ini adalah media sosial. Di artikel ini akan ulas tentang 2 platform media sosial yang belakangan ini sangat populer dan banyak dimanfaatkan orang untuk memasarkan produknya secara online.

Media sosial yang paling populer untuk jualan online tersebut adalah:

1. Facebook.

Di era sebelum tahun 2010an platform Facebook hanya dikenal sebagai platform media sosial saja. Artinya fitur-fitur yang ada di Facebook pada saat itu hanya dirancang memudahkan orang untuk menemukan dan berkomunikasi dengan teman-teman mereka.

Memang betul pada saat itu sudah ada orang yang berjualan produk secara online di akun personalnya, tapi jumlahnya belum sebanyak seperti sekarang.

Kemudian ketika di awal tahun 2010 hingga tahun 2015an mulai banyak orang yang manfaatkan fitur fanspage Facebook dalam menjual produknya.

Di sisi lain, sejak tahun 2010an itulah mulai banyak bermunculan berbagai platform marketplace di Indonesia. Diantaranya Bukalapak, Tokopedia, Toko Bagus, dan Berniaga (2 e-commerce terakhir ini kemudian merger menjadi OLX).

Sejak saat itulah perkembangan bisnis online berkembang begitu cepat dan semarak di Indonesia. Nah sepertinya pihak Facebook menyadari perkembangan ini. Sehingga sejak tahun 2016an (kalau tidak salah), Facebook menciptakan sebuah fitur baru, yaitu “Marketplace”.

Kini setelah 4 tahun berjalan saya lihat semakin banyak saja orang yang memanfaatkan fitur marketplace ini untuk memasarkan produknya. Ini hal yang wajar sebenarnya, karena Facebook adalah media sosial yang memiliki pengguna terbesar di Indonesia. Dengan besarnya pengguna Facebook ini, sehingga menjadikannya sebagai salah satu medsos yang potensial dan powerfull untuk memasarkan sebuah produk.

Jika anda tertarik untuk berjualan di media sosial yang paling populer ini, maka bisa mempelajarinya di artikel cara jualan online di Facebook.

2. Instagram.

Platform media sosial lainnya yang juga powerfull untuk memasarkan produk adalah Instagram. Dan sudah tahukah Anda? Bahwa Instagram ini sebenarnya masih milik Facebook (selain WhatsApp). Makanya tak heran jika pemiliknya menjadi salah orang muda yang terkaya di dunia pada saat ini.

Apa yang membuat platform Instagram ini begitu disukai oleh para pebisnis online?

Salah satu faktor penyebabnya karena rancangan fitur-fitur yang ada di Facebook begitu menguntungkan bagi penjual online. Diantara karena tiap tampilan foto produk di Instagram memiliki visibilitas (keterlibatan) yang sangat baik.

Selain itu, ketika kita ingin mengupload sebuah produk, maka akan tersedia fitur untuk mengedit foto itu (sebelum di upload). Sehingga kita bisa mengedit foto produk dengan semenarik mungkin. Setelah kita yakin foto produknya sudah sempurna, maka barulah di upload.

Tentu saja jika fotonya sangat menarik dan jelas, itu menjadi faktor pendukung yang akan menarik orang untuk membeli produk tersebut. Jadi jangan heran jika saat ini semua orang, baik perusahaan, pebisnis profesional, artis terkenal, sampai orang-orang biasa banyak yang memanfaatkan platform Instagram ini dalam memasarkan produknya.

Bagi anda yang tertarik berjualan produk di platform ini, dan ingin tahu tips sukses jualan online di Instagram, maka bisa mempelajari caranya di referensi yang saya cantumkan.

Tips sukses jualan online.

Dalam berjualan online tentu anda harus mengetahui apa saja strategi agar bisnis online anda bisa sukses. Cara sukses jualan online itu antara lain adalah pelayanan yang ramah dan selalu update dengan jenis produk terbaru.

Cara sukses jualan online lainnya adalah anda harus bisa fast respon dalam melayani pelanggan. Baik fast respon dalam menjawab setiap pertanyaan, maupun fast respon dalam pengiriman barang.

Mungkin hal ini banyak disepelekan oleh sebagian pebisnis online. Padahal fast respon efeknya sangat besar sekali. Banyak sekali terjadi, hanya karena telat menjawab pertanyaan calon pembeli beberapa menit saja, dapat membuat mereka beralih berbelanja ke toko online lain.

Dan resep sukses jualan online lainnya adalah menetapkan harga produk yang murah namun wajar.

Apa maksudnya?

Jadi sebisa mungkin agar kita memberikan harga banderol yang relatif lebih murah dari toko online lain, tapi jangan pula terlalu murah sehingga merusak pasaran dan merugikan bisnis kita sendiri dalam jangka panjang.

Jika ada pedagang online lain yang memberikan harga tidak wajar, maka jangan anda ikuti. Lebih baik anda tetapkan harga yang murah dan wajar plus juga diiringi dengan pelayanan yang memuaskan. Inilah cara yang terbaik.

Demikianlah info tentang media sosial yang paling populer untuk jualan online. Jadi media sosial terpopuler untuk jualan online manakah yang akan anda pilih? Tentu itu terserah anda. 😉

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya.