Agustus 8, 2019 Oleh farid 0

Manfaat Membaca Al Quran – Apa Saja?

Tahukah anda bahwa al quran tidak hanya bermanfaat sebagai petunjuk hidup di dunia saja tetapi juga memiliki manfaat manfaat lainnya yang akan berguna bagi kita di dunia dan juga di akhirat.

Sebagai umat islam tentu kita sudah tidak asing dengan al quran. Setiap hari kita membuka mushaf dan membacanya. Atau setidaknya di setiap kita shalat kita membaca ayat-ayat al quran.

Lalu apa manfaat lain al quran selain sebagai petunjuk hidup bagi umat manusia? Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa manfaatnya. Silahkan disimak.

Baca juga: Al Quran surat yasin dan terjemahan Indonesia, lengkap dengan latin dan arab nya juga. www.surat-yasin.com adalah sebuah website yang berisi tentang al quran, semua surat tersedia di website tersebut untuk dibaca. Ukuran halamannya kecil sehingga tidak akan menghabiskan kuota anda dan loading yang cepat.

Manfaat Membaca Al Quran

1. Membaca 1 Huruf Al Quran = 10 Pahala Kebaikan

Ketika kita membaca al quran, setiap huruf (ya huruf, bukan kata) maka Allah SWT akan memberikan 1 pahala kebaikan, lalu 1 pahala tersebut dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan. Maa Syaa Allah, baik sekali Allah SWT kepada kita.

Berita diatas diambil dari sebuah hadits shahih dari Abdullah bin Mas’ud, yang bunyinya sebagai berikut:

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk الم , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.” (Atsar riwayat Ad Darimy dan disebutkan di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 660).

Dari hadits diatas kita jadi tahu manfaat luar biasa dari membaca al quran. Tinggal kitanya saja mau atau tidak mengamalkannya. Yuk mulai sekarang kita mulai rutinkan mmebaca al quran! Tidak hanya surat yasin, tapi juga surat-surat lainnya.

2. Dihapusnya Kesalahan-kesalahan

Didalam sebuah ayat didalam al quran Allah SWT berfirman bahwasannya perbuatan-perbuatan yang baik akan menghapuskan (dosa) perbuatan-pperbuatan buruk yang pernah kita perbuat.

Ayat tersebut ada didalam quran surah hud ayat 114 yang berbunyi:

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Hud: 114)

Bukankah membaca al quran adalah sebuah kebaikan?

3. Lebih banyak dan sering kita membaca al quran, lebih banyak pula pahala yang didapatkan

Kita tahu bahwa Allah SWT memberikan kita pahala pada siapa saja yang membaca al quran, apakah dia fasih ataupun masih terbata-bata.

Dan ketika kita lebih sering dan lebih banyak membacanya, maka pahala yang didapatkan pun akan lebih banyak.

“Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

Itulah diantara manfaat membaca al quran selain sebagai petunjuk hidup manusia. Poin-poin diatas hanya beberapa saja, masih banyak yang akan kita dapatkan dengan membaca al quran. Selengkapnya dapat anda baca di: muslim.or.id/8669-keutamaan-membaca-al-quran.html

Baca juga: Bacaan tahlil dan juga yasin singkat lengkap dengan arab latin dan terjemahan bahasa indonesia.

Mudah-mudahan artikel diatas bermanfaat bagi anda dan juga bagi penulis. Jika menurut anda orang lain juga mesti membaca informasi diatas, silahkan share artikel diatas ke berbagai media sosial yang anda pakai.