apotek online 24 jam
Februari 22, 2021 Oleh basjlutyp 0

Kenapa Banyak Apotek Menggunakan Sistem Penjualan Online?

Apotek adalah usaha yang diizinkan untuk menjual obat-obatan farmasi. Masyarakat tidak bisa membeli obat-obat farmasi yang wajib menggunakan resep dokter selain dari Apotek. Hal ini dikarenakan obat-obatan keras bisa membahayakan kesehatan penggunanya jika tidak digunakan sesuai dengan arahan dokter.Hal inilah yang membuat banyak masyrakat yang mencari apotek pada saat hendak membeli obat-obat resep dokter. Tapi sayangnya ada banyak sekali apotek yang sediaan obatnya tidak lengkap. Sehingga seringkali konsumen harus berkeliling dari satu apotek ke apotek lainnya.

Dengan kemajuan teknologi saat ini sudah ada banyak sekali apotek yang menyediakan obat-obatan secara online. Jadi konsumen bisa menghubungi setiap apotek dengan sangat mudah. Apotek juga bisa melayani lebih banyak konsumen walaupun ruang tunggunya tidak terlalu besar. Jadi sistem online ini sangat menguntungkan kedua belah pihak.

apotek online 24 jam

Dengan adanya sistem online ini, apotek bahkan bisa melayani penjualan obat ke daerah-daerah yang tidak mempunyai apotek yang lengkap. Tentunya ini bisa menambah volume bisnis dari apotek yang mengadopsi sistem online ini.

Beberapa apotek bahkan beroperasi 24 jam. Anda bahkan bisa mencari obat-obat yang sangat mendesak penggunaannya bahkan saat tengah malam. Apotek 24 jam ini bisa menjadi solusi yang sangat membantu pasien yang tiba-tiba mendapatkan serangan penyakit saat malam hari.

Apotek online 24 jam ini benar-benar bisa menjadi solusi yang sangat memudahkan konsumen dalam mendapatkan obat. Terlebih lagi saat ini di beberapa kota sudah ada banyak sekali layanan ojek online yang bisa menjadi jasa kurir yang membantu anda mendapatkan obat-obatan ini.

Beberapa apotek online juga membuka penjualan untuk obat-obat resep, tapi biasanya apotek seperti ini juga dikelola oleh dokter. Dokter ini yang akan menilai resep yang diajukan oleh pembeli. Dokter akan membuatkan resep digital untuk akun pembeli tersebut, dan resep digital tersebut yang akan digunakan untuk mengeluarkan obat-obatan.

Tentu saja sistem penjualan obat dengan resep dokter ini bisa berbeda di setiap apotek online, jadi anda harus terlebih dahulu menanyakan hal ini ke customer service dari apotek online tersebut.

Pentingnya Pengawasan Apoteker

Jika anda membeli obat-obatan dari apotek online, maka anda perlu memastikan apotek online tersebut diawasi oleh Apoteker. Apotek yang dikelola oleh apoteker jelas akan lebih terjamin keamanan penggunaan obat-obatannya.

Apoteker akan memastikan anda mendapatkan obat yang masih dalam kualitas yang terbaik. Apoteker juga bisa membantu anda saat anda ingin mengetahui manfaat dari obat-obatan yang anda beli. Jika obat-obat yang akan anda beli tidak tersedia, maka seorang apoteker juga bisa menawarkan obat alternatif yang terbuat dari bahan aktif yang sama dan mempunyai efek yang sama pula.

Kesimpulan

Maraknya apotek yang menggunakan sistem online ini tidak lain dikarenakan sistem online memperluas jangkauan pelayanan mereka. Dengan mengonlinekan sistem penjualan ini mereka bisa melayani pembelian dari luar daerah layanan mereka. Jadi sistem online ini jelas akan sangat menguntungkan bagi apotek.
Di sisi lain konsumen mendapatkan banyak kemudahan dalam membeli obat-obatan. Konsumen juga bisa berkonsultasi dengan apoteker secara gratis. Manfaat seperti ini tidak akan didapatkan jika membeli obat dari toko obat bebas pada umumnya.