September 10, 2019 Oleh rezkyh 0

Inspirasi Desain Taman Tropis Depan Rumah

Taman tropis depan rumah – Sebuah rumah akan terasa gersang jika tidak dihiasi dengan sebuah taman, setidaknya tanaman yang tumbuh di dalam pot bisa Anda aplikasikan untuk memberikan kesan keindahan, bahkan menghadirkan unsur kehidupan dalam rumah itu sendiri.

Apalagi untuk kita yang ada di negara beriklim tropis seperti Indonesia, tentu saja tanaman yang kita tanam di depan rumah dapat tumbuh subur karena mendapat pasokan sinar matahari yang cukup sepanjang tahun.

Apa Itu Taman Untuk Rumah Tropis?

Taman untuk rumah tropis adalah sebuah konsep taman yang ditanam sesuai karakteristik perumahan yang ada di Indonesia. Konsep taman tropis depan rumah ini, pada dasarnya dibuat sealami mungkin dan mengadopsi nuansa dari hutan hujan tropis yang ada di Indoensia dengan karakter teduh. Sebenarnya taman tersebut tak harus selalu ditanam di luar ruangan saja tetapi juga dapat ditanam di area tertutup. Selain itu, elemen-elemen yang mendukung desain rumah taman tropis tersebut harus memiliki unsur alami, semisal pecahan dari batu kali maupun batu koral berwarna putih. Hal ini bertujuan agar suasana dari hutan hujan tropis tetap terasa.

 

Jenis-Jenis Tanaman Tropis Paling Ideal Untuk Halaman Depan Rumah

Tak semua jenis tanaman cocok ditanam di depan rumah. Jadi sebelum Anda membuat taman tropis depan rumah, alangkah baiknya mempertimbangkan estetika dan fungsi tanaman terlebih dulu agar nantinya tanaman tersebut tidak hanya enak dipandang saja, tetapi juga bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Di bawah ini ada beberapa macam tanaman yang bisa Anda pilih untuk ditanam di depan rumah, diantaranya :

  1. Beluntas

Beluntas adalah tumbuhan semak dengan banyak cabang, mempunyai usuk halus dengan bulu yang lembut. Biasanya beluntas ditanam di depan rumah untuk dijadikan pagar hidup, bahkan jika tidak dipangkas tanaman ini bisa tumbuh mencapai 3 meter lebih. Khasiat beluntas yang lainnya adalah sebagai penyegar berbagai macam olahan makanan dan sebagai minuman kesehatan.

  1. Bunga Melati

Bunga melati adalah sejenis tanaman perdu, mempunyai batang yang tegak, dan banyak orang tertarik menanamnya karena aroma wangi yang dihasilkan bunga melati saat malam hari. Di negara tropis seperti Indonesia, kebanyakan bunga melati yang terdapat di halaman rumah yaitu berjenis Jasminum sambac atau melati putih, sekaligus sebagai simbol nasional yang dijuluki dengan nama Puspa Bangsa.

  1. Pohon Pepaya

Anda tentu sudah sangat familiar dengan pohon pepaya, pohon ini begitu populer akan rasa buahnya yang segar dan manis. Pohon pepaya adalah sejenis tumbuhan dari Amerika Selatan bagian utara dan Meksiko. Selain sebagai tanaman tropis di halaman rumah, buah pepaya juga dapat dikonsumsi, sedangkan daunnya bisa dijadikan sebagai salah satu bahan herbal untuk kesehatan dan kecantikan. Tak hanya itu saja, tanaman pepaya yang tumbuh di depan rumah bisa dipergunakan untuk melindungi bagian depan rumah dari paparan sinar matahari.

Anda bisa memadukan ketiga tanaman tersebut ataupun memilih salah satunya dengan mengombinasikan tanaman-tanaman tersebut dengan tanaman lainnya.

 

Konsep Taman Tropis Minimalis Untuk Halaman Rumah

Ada beberapa konsep taman tropis depan rumah yang bisa Anda ambil sebagai inspirasi, salah satunya adalah taman yang dibuat dengan hanya menambahkan sedikit tanaman. Jika taman di depan rumah ternyata tidak didominasi oleh rerumputan, Anda bisa menggantinya dengan mengaplikasikan batu baligreen dan batu paras kebumen. Di samping itu, perpaduan tanaman, supplir, palm dan gelombang cinta dapat dijadikan sebagai pengganti rerumputan yang hijau. Untuk kenyamanan, Anda bisa meletakkan meja dan kursi berjaring di halaman depan rumah.