Februari 18, 2019 Oleh dwikhasbullah 0

Inilah Alasan Kenapa Shalat Hajat Sangat Dianjurkan

Kenapa Shalat Hajat Sangat Dianjurkan

Kenapa Shalat Hajat Sangat Dianjurkan

Inilah Alasan Kenapa Shalat Hajat Sangat Dianjurkan – Sholat hajat merupakan ibadah sholat sunnah yang ditujukan untuk meminta dan memohon sebuah hajat kepada Allah SWT. Ibadah ini mengajarkan bahwa selain berusaha dengan bekerja, kita juga wajib berdoa dan memohon kepada Allah sebagai sang pemberi rezeki.

Hajat menurut arti katanya yaitu keperluan atau kebutuhan. Jadi shalat sunah hajat adalah sholat sunat yang dikerjakan karena mempunyai maksud atau keperluan dan berharap allah swt mengabulkannya. Hajat atau keperluan ini ada yang kepada allah swt dan ada juga yang mempunyai hajat kepada sesama manusia, atau disebut dengan urusan duniawi dan ukhrawi.

Sholat hajat dimaksudkan untuk menyempurnakan ikhtiar dan mencapai suatu keinginan, Insya Allah dengan melakukan sholat Hajat Allah akan mengabulkan doa dan keinginan tersebut. Doa, usaha, ikhtiar, dan tawakal adalah kewajiban umat muslim dalam menyikapi banyaknya tuntutan hidup di dunia. Dalam surat Al Baqarah:45 di atas, selain sholat kita diperintahkan juga untuk sabar. Oleh karena itu, sholat Hajat dan memohon kepada Allah dapat kita lakukan setiap hari dengan khusyuk serta tanpa rasa bosan bila keinginan itu belum dikabulkan.

Artikel Lainnya : Fadhilah Sholat Sunnah

Rasulullah saw bersabda, ?Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (Sholat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.? (HR Ahmad)

Suatu hajat dapat tercapai diantaranya dengan berusaha dan berdoa yaitu dengan shalat. Sehingga berharap allah swt akan segera mengabulkan keinginan kita. Karena allah telah berfirman dalam Al-Quran: (surat Al-baqarah ayat 45).

wasta’iinuu bishshabri washshalaati.

“Dan Meminta Pertolongan (kepada allah) dengan sabar dan shalata” (QS Al Baqarah: 45).

Waktu sholat Hajat tidak tertentu, namun tidak diperbolehkan mengerjakan sholat Hajat pada waktu yang dilarang seperti setelah sholat Ashar dan setelah sholat Subuh. Sholat Hajat dilakukan sendiri, tidak berjamaah. Banyaknya rakaat dalam sholat hajat yaitu minimal dua rakaat dan maksimal sebanyak dua belas rakaat. Dalam pelaksanaanya, jika dikerjakan pada malam hari maka setiap dua rakaat sekali salam dan jika dilaksanakan pada siang hari maka boleh empat rakaat dengan sekali salam dan seterusnya.

“Inilah Alasan Kenapa Shalat Hajat Sangat Dianjurkan”