November 19, 2019 Oleh rezkyh 0

Harga Plafon Gypsum per Lembar untuk Rumah

Artikel berikut akan membahas seputar harga plafon gypsum per lembar. Dengan mengetahui harga plafon bisa memudahkan anda semua untuk menghitung rencana anggaran biaya rumah anda.

Ada berbagai alasan yang membuat plafon gypsum banyak dimanfaatkan dalam proses pembangunan, baik itu untuk rumah, kantor, rumah sakit, maupun jenis bangunan lainnya. Selain karena plafon memang merupakan komponen penting, terutama dalam struktur langit-langit ruangan, plafon gypsum pada khususnya diminati karena permukaannya yang halus serta punya penampilan yang rapi. Karena itulah, penggunaan material yang satu ini juga banyak dimanfaatkan untuk dekorasi ruangan, terutama untuk menciptakan kesan mewah dan modern.

Meski demikian, plafon gypsum bukan hanya soal fungsi dan tampilan yang menarik saja, tapi juga fitur unggul lainnya yang membuat jenis plafon yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai ruangan. Misalnya, untuk ruangan yang dijamin akan terpapar kelembaban seperti kamar mandi, Anda bisa gunakan plafon gypsum jenis WR atau water resistant yang akan menjaga permukaannya bebas dari kerusakan walaupun terkena percikan air atau terpapar kelembaban dalam jangka panjang.

Pilihan plafon gypsum yang dapat Anda temukan di pasaran sangat bervariasi, mulai dari merek sampai ukuran dan tebalnya. Untuk merek plafon gypsum sendiri, Anda bisa temukan beragam nama yang sudah populer dan banyak digunakan karena kualitasnya yang sudah terbukti dan diacungi jempol, seperti Jayaboard, Elephant, dan Knauf. Untuk ukuran plafon gypsum per lembar sendiri, ukurannya relatif sama antara satu merek dengan merek lain, yaitu berkisar di angka 1,2 x 2,4 meter. Sedangkan dari segi ketebalan lembaran plafon gypsum, pilihannya bervariasi antara 9 sampai 15 mm.

Dengan kualitas, fitur, dan penampilan yang oke, plafon gypsum pun disukai karena harganya yang relatif terjangkau. Meski demikian, tentu saja harga plafon gypsum per lembar berbeda-beda berdasarkan ketebalan maupun mereknya. Untuk ukuran dan ketebalan yang sama (1,2 x 2,4 m dan tebal 9 mm), harga plafon gypsum per lembar berkisar antara Rp58.000 sampai Rp63.000, sesuai dengan mereknya. Jadi, jika Anda punya anggaran terbatas, tentukan seberapa banyak lembaran plafon gypsum yang Anda butuhkan, dan sesuaikan dengan total anggaran untuk plafon yang tersedia.

Terkadang, selain harga plafon gypsum per lembar, Anda pun bisa menemukan harga plafon gypsum borongan yang didasarkan pada satuan meter persegi (m2). Dengan begitu, lembaran plafonnya lebih besar, dan ukurannya bisa disesuaikan dengan seberapa luas lembaran plafon gypsum yang Anda butuhkan, dalam satuan m2. Tentu saja harganya pun akan bervariasi, berdasarkan merek dan ketebalan lembaran plafon gypsum tersebut. Untuk yang tebalnya 9 mm misalnya, maka harga plafon gypsum borongan biasanya berkisar antara Rp82.000 sampai Rp95.000 per m2. Dan untuk ketebalan 12 mm, harga per m2-nya biasanya berkisar antara Rp105.000 sampai Rp110.000.

Tentu saja, harga aslinya di pasaran bisa berbeda, jadi jangan lupa untuk menanyakannya terlebih dahulu untuk mendapatkan harga pastinya, baik itu harga plafon gypsum per lembar atau borongan.