April 18, 2020 Oleh Writer39X 0

10 Cara menenangkan hati dan pikiran yang sedang galau

Cara menenangkan hati dan pikiran yang sedang galau dengan langkah mudah diantaranya seperti perbanyak do’a dan meningkatkan kepercayaan diri. Bagi Anda yang sedang galau karena hati dan pikiran yang tidak tenang pastinya akan sangat mengganggu aktivitas. Ketidaktenangan dalam pikiran ini sering kali mengganggu kesehatan mental Anda sehingga harus segera diatasi.

Salah satu penyebab umum hati yang tidak tenang adalah karena stres yang disebabkan oleh adanya masalah yang sulit diselesaikan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menenangkan hati dan pikiran, berikut beberapa tipsnya untuk anda:

1. Berdzikir

Berdzikir merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menenangkan hati yang sedang galau karena banyak masalah. Dengan berdzikir biasanya hati akan lebih tenang dan tentram karena kita merasa telah dekat dengan sang maha pencipta.

2. Banyak berdoa

Berdoa memohon pertolongan pada sang maha pencipta bisa membantu kita untuk menjadi insan yang lebih baik. Dengan berdoa kita akan merasa masalah kita bisa teratasi lantaran kita sudah memohon kepada Tuhan.

Berdoa bukan hanya berpahala tetapi juga baik untuk kesehatan mental anda. Jadi saat anda mulai merasa ada masalah yang sulit untuk diselesaikan cobalah untuk perbanyak doa.

4. Selalu berpikir positif

Cara menenangkan hati dan pikiran yang tidak kalah penting adalah selalu berpikir positif dalam setiap keadaan. Pikiran positif akan membuat kita lebih tenang dan tidak mudah khawatir terutama pada saat dalam situasi yang sulit.

Sebaliknya, pikiran yang negatif akan membuat anda menjadi mudah khawatir sehingga akan membuat hati dan pikiran menjadi semakin tidak tenang. Jadi untuk alasan apapun anda selalu harus berpikir positif.

4. Selalu optimis dalam hidup

Optimis dalam hidup sangat penting sekali bukan hanya untuk meraih sebuah kesuksesan tetapi juga membantu anda menjadi orang yang percaya diri. Kepercayaan diri yang tinggi ini nantinya akan membuat Anda jauh lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Hati yang tenang nantinya akan membuat kita memiliki hidup yang berkualitas.

Dengan rasa percaya diri yang tinggi dan sifat optimis Anda tidak akan mudah galau saat mendapat masalah yang sulit diselesaikan. Jadi anda bisa menenangkan hati yang sedang khawatir dengan selalu menanamkan sifat optimis.

5. Istirahat yang cukup

Mendapatkan waktu istirahat yang cukup ternyata bisa membantu anda untuk terhindar dari stres. Kebanyakan orang yang memiliki hati dan pikiran tidak tenang biasanya dia adalah orang yang mudah stres terutama saat mendapat masalah.

Sedangkan stres salah satunya bisa diminimalisir dengan mencukupi kebutuhan istirahat. Istirahat seperti tidur akan membantu otak anda lebih fresh sehingga membuatnya lebih bersemangat dan tidak mudah patah arang saat ada masalah yang berat.

6. Selalu husnudzon atau berprasangka baik

Salah satu yang membuat anda sering galau adalah karena prasangka buruk yang bisa menghantui hati dan pikiran anda. Prasangka seperti ini haruslah Anda buang jauh-jauh agar tidak mengganggu aktivitas keseharian anda.

Untuk itu, sebaiknya cobalah selalu berprasangka yang baik atau husnudzon dalam setiap hal. Ini akan sangat membantu anda dalam menenangkan hati dan pikiran.

7. Cobalah untuk lebih percaya diri

Kepercayaan diri yang tinggi akan membantu Anda terhindar dari kekhawatiran berlebih. Menanamkan sifat percaya diri mungkin memang tidak mudah tetapi anda harus berusaha untuk melakukannya.

Saat kepercayaan diri seseorang meningkat biasanya dia tidak khawatir dengan apa yang akan dihadapinya dalam hidup. Hal ini tentu akan menyebabkan seseorang lebih tenang dan tidak mudah cemas.

8. Dapatkan waktu olahraga yang cukup

Ya memiliki waktu olahraga yang cukup ternyata bisa membantu Anda menenangkan hati dan pikiran. Olahraga bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental anda. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan seperti bersepeda atau sekedar jalan kaki.

Lakukan secara rutin paling tidak 2 hari sekali untuk membantu Anda menjaga kesehatan fisik dan mental.

9. Perbanyak ibadah

Salah satu yang membuat seseorang sering galau atau khawatir dalam hidup adalah karena jauhnya dia dengan Tuhan. Untuk itu sebaiknya perbanyaklah ibadah. Ibadah akan membuat kita lebih dekat dengan Tuhan sehingga Anda tidak akan mudah khawatir dalam segala situasi dan kondisi.

10. Selalu bersyukur dalam setiap keadaan

Dalam menjalani kehidupan tidak selamanya kita akan mendapat kebaikan, terkadang ada kesulitan yang harus kita jalani. Untuk itu cobalah selalu bersyukur agar anda lebih tenang dalam menjalani kehidupan.

Bersyukur akan membuat hati anda tidak mudah galau saat mendapat musibah atau nikmat yang menurut anda kurang. Jadi bersyukur merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan mental anda.

Demikian beberapa ulasan mengenai cara menenangkan hati dan pikiran yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan kesejahteraan mental anda.