November 20, 2019 Oleh basjlutyp 0

Cara Mendapatkan Sertifikat ISO

Pada saat anda membuat sebuah produk baru tentunya anda berharap agar produk anda bisa diterima di tengah-tengah masyarakat. Yang menjadi masalah adalah masyarakat sering bersikap ragu-ragu dalam menerima sebuah produk baru karena mereka sangat berharap bisa mendapatkan kualitas yang terbaik dari setiap produk yang mereka beli. Oleh karena itu tentunya anda harus melakukan beberapa langkah untuk membuat agar produk anda lebih mudah diterima di tengah-tengah pasar.

Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mendapatkan sertifikat ISO. Bagi anda yang belum tahu maka anda perlu mengetahui bahwa sertifikat ISO ini adalah sebuah jaminan kualitas yang biasa diberikan kepada produk-produk. Adapun jaminan kualitas yang diberikan oleh sertifikat ISO ini bukan hanya menyangkut kualitas dari produk tetapi juga proses produksinya dan juga proses manajemen yang terjadi di dalam perusahaan tersebut.

Jadi jika sebuah produk sudah mendapatkan sertifikat ISO maka biasanya masyarakat ataupun lembaga-lembaga yang sering melakukan pemesanan dalam jumlah besar akan lebih mudah diyakinkan bahwa produk mereka sudah memenuhi standar kualitas. Jadi sebagai produk baru mungkin anda bisa hadir ditengah masyarakat dengan jaminan kualitas yang sama namun harga yang lebih murah. Anggap saja itu sebagai bentuk promosi dari produk anda. Jadi sampai disini mungkin anda tertarik untuk mendapatkan sertifikat ISO untuk perusahaan anda.

Yang menjadi masalah sekarang adalah mungkin anda tidak tahu bagaimana cara untuk mendapatkan sertifikat ISO ini. Untuk mendapatkan sertifikat ISO ini anda perlu mendaftarkan perusahaan anda pada sebuah layanan lembaga konsultan ISO. Konsultan ISO ini atau lembaga sertifikasi ISO ini yang akan datang ke perusahaan anda untuk melakukan survei atau audit. Setelah melakukan proses survei dan audit ini mereka yang akan menentukan apakah perusahaan anda bisa mendapatkan sertifikat ISO atau tidak. Jika ternyata perusahaan anda belum bisa mendapatkan sertifikat ISO maka biasanya mereka akan memberikan beberapa rekomendasi yang di sandal lakukan untuk meningkatkan kualitas dari produk anda.

Mereka akan memberikan masa atau periode tertentu bagi anda untuk memenuhi hal-hal yang direkomendasikan. Jika anda bisa melakukan semua rekomendasi yang mereka berikan maka tentunya anda bisa mendapatkan sertifikat ISO yang anda inginkan. Anda bisa menggunakan sertifikat ISO ini selama 3 tahun. Setelah masa 3 tahun ini berakhir anda harus memperpanjang sertifikat ISO tersebut. Memang sertifikat ISO ini harus diperpanjang agar terjadi pengawasan yang rutin terhadap setiap perusahaan yang mendapatkannya. Apakah sertifikat ISO ini memerlukan biaya dalam proses pembuatannya dan datanya tentu saja anda harus mengeluarkan biaya untuk membayar lembaga sertifikasi ISO dan juga tim audit yang akan datang ke tempat anda.

Anda juga harus mempersiapkan biaya jika laut ternyata tim audit memberikan beberapa rekomendasi perbaikan untuk anda lakukan. Karena biasanya perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan itu memerlukan penambahan ataupun perbaikan komponen-komponen pada sistem produksi anda. Ini memang terlihat seperti pengeluaran tambahan bagi anda tetapi akan sangat memudahkan penjualan anda jikalau anda bisa mendapatkan sertifikat ISO ini. Hal inilah yang membuat ada banyak sekali perusahaan benar-benar berusaha bisa mendapatkan sertifikat ISO ini. Jadi kalau nanti anda pergi ke pusat perbelanjaan anda akan bisa melihat di label dari setiap produk akan tertera sertifikat ISO yang diperoleh produk tersebut.