Februari 19, 2019 Oleh fadilm 0

Cara Memperbaiki Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin Berdasarkan Penyebabnya

Kulkas 2 pintu di rumah Anda terasa tidak dingin? Coba cek apa penyebabnya. Untuk mengetahui cara memperbaiki kulkas 2 pintu tidak dingin berdasarkan penyebabnya, cobalah cek artikel ini ya.

Ada beberapa penyebab kulkas 2 pintu menjadi tidak dingin. Penyebab paling umum adalah pintu tidak tertutup rapat dan kebuntuan di saluran air yang menghubungkan evaporator dengan penampungan air.

Penyebab yang sering terjadi di kulkas jenis inverter, lemari pendingin showcase dan freezer box adalah matinya motor kipas atau terlalu banyak debu di sirip pipa kondensor.

Pada beberapa kasus, disebabkan karena menyempitnya saluran gas freon dan gagalnya proses pencairan bunga es secara normal. Di bawah ini akan jasa service AC Jakarta ulas cara memperbaiki kulkas 2 pintu yang tidak dingin.

Cara Memperbaiki Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin Berdasarkan Penyebabnya

Untuk mengatasi permasalahan, sebaiknya diketahui terlebih dahulu apa penyebab kerusakannya. Hal ini dimaksudkan agar penangannya tetap dan tidak menimbulkan kerusakan lainnya. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki kulkas 2 pintu tidak dingin berdasarkan penyebabnya

  1. Penumpukan bunga es

Pencairan bunga es sangat mudah dilakukan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Cara memperbaiki kulkas 2 pintu tidak dingin karena bunga es yang paling mudah adalah dengan menurunkan suhu kulkas. Cara lain adalah mematikan kulkas dan membukanya.

Tunggu hingga bunga es mencair dan buang airnya. Jika bunga es terlalu banyak dan susah mencair, gunakan kipas agar prosesnya lebih cepat. Bisa pula dengan mengambil bongkahan es yang sudah pecah. Seharusnya cara ini dilakukan dengan rutin.

  1. Kerusakan Timer Defrost

Jika Anda sudah membersihkan bunga es namun kulkas tetap tidak dingin, berarti ada kerusakan di komponen lainnya. Komponen yang jika rusak dapat mempengaruhi suhu kulkas adalah timer defrost. Periksa timer defrost dengan cara melepasnya agar tidak terhubung kabel.

Setelah itu, lihat putaran gigi roda timer yang tampak. Jika timer defrost masih berputar dengan baik, maka tidak perlu diganti. Jika putarannya lemah, segera ganti dengan komponen baru di www.solusimsukses.com.

  1. Mengganti Thermo Defrost

Jika cara memperbaiki kulkas pintu 2 tidak dingin yang telah disebutkan diatas tidak sesuai, maka kemungkinan penyebab lainnya adalah thermo defrost yang rusak.

Namun, untuk memeriksa apakah thermo defrost sukar dicari atau tidak cukup sulit. Penyebab kerusakan pada thermo defrost biasanya adalah air yang ada di dalamnya. Untuk mengetahui dan memperbaiki thermo defrost sebaiknya melalui service center terdekat.