April 12, 2019 Oleh basjlutyp 0

Cara Melakukan Optimasi Website Dengan Baik

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi jika ingin ranking di hasil pencarian Google adalah persaingan. Anda bisa membuat website anda rannking di Google dengan mudah jika tidak ada persaingan sama sekali. Jadi jika anda menghadapi kata kunci yang persaingannya tinggi, maka yang perlu anda lakukan adalah optimasi website yang sesuai dengan standar Google.

Bagaimana cara melakukan optimasi yang sesuai dengan standar Google?

Sebenarnya ini bukan hal yang mudah karena aturan main dari Google terus saja di update setiap saat. Tapi ada beberapa aturan dasar yang cukup umum yang tidak banyak berubah.

Oh iya, seandainya ada yang mau belajar SEO bisa ke website kepointernet.com. Klik saja tautannya ya…

3 Faktor Utama Ranking Google

Jika anda ingin ranking di Google, maka saat ini ada beberapa faktor utama yang harus anda perhatikan:

  • Backlink
  • Konten
  • Pengalaman Pengguna (User Experience)

Backlink

Untuk mereka yang pemula biasanya tidak tahu apa yang dimaksud dengan backlink ini. Backlink ini adalah link yang datang dari website lain menuju website kita. Itu artinya website kita direkomendasikan oleh orang lain. Semakin banyak yang merekomendasikan website kita, maka akan semakin berotoritas website kita pada niche tersebut.

backlink

Untuk mendapatkan backlink ini ada 2 metode yang sering dilakukan oleh orang-orang, yaitu metode white hat maupun black hat. White hat adalah metode-metode yang sesuai standar mesin pencari, sedangkan black hat adalah yang melanggar aturan itu.

Menurut Google, sebuah backlink seharusnya diberikan secara sukarela dan cuma-cuma. Jadi anda bisa meminta orang memberikan backlink ke orang lain, selama backlink itu diberikan sukarela dan bukan karena anda memberi sogokan.

Satu yang menjadi masalah adalah backlink yang baik itu biasanya berasal dari website yang fokus membahas hal yang sama dengan website kita. Sayangnya website seperti ini jelas akan melihat kita sebagai pesaing pada umumnya. Biasanya seseorang hanya akan memberikan backlink secara sukarela jika memang website kita sudah sangat terkenal di niche tersebut.

Cara white hat lainnya adalah dengan melakukan promosi secara besar-besaran sehingga banyak orang akan mengenal keberadaan website kita dan akan tertarik untuk mengunjungi website kita ini. Biasanya setelah website ini terkenal kita akan mulai mendapatkan backlink dari mereka yang suka dengan konten kita.

Sayangnya cara seperti ini mahal dan juga membutuhkan waktu yang lama. Banyak orang yang bersedia membayar mahal tapi malas menunggu, atau bahkan sudah tidak punya banyak uang dan juga malas menunggu… ini lebih banyak lagi, khususnya dari newbie amatiran.

Mereka yang ada di golongan ini biasanya lebih memilih cara black hat… Cara black hat ini bisa dengan mencari sendiri, atau membayar orang lain untuk memasangkan kita backlink.

Salah satu opsi black hat yang paling populer adalah penggunaan jasa backlink. Ini biasanya ditempuh oleh mereka yang memang mempunyai bisnis yang sedang berjalan, sehingga waktunya dirasa lebih menghasilkan jika dipakai berbisnis dibandingkan harus mencari backlink. Ada juga yang menggunakan jasa backlink karena memang tidak tahu bagaimana cara mencari backlink atau bagaimana cara yang aman untuk memasang backlink.

Jasa backlink sendiri ada banyak sekali di Indonesia dan jasa backlink ini pada umumnya memang mempunya banyak sekali pilihan paket yang bisa anda pilih. Tapi satu hal yang perlu anda ketahui adalah anda harus menghindari jasa backlink yang menggunakan software otomatis.

Ciri-ciri jasa backlink seperti ini biasanya harganya murah atau menawarkan backlink dalam jumlah yang besar. Memang penawarannya selalu menggiurkan tapi jasa backlink seperti ini justru akan membuat website anda masuk ke dalam penalti mesin pencari seperti Google.

Anda harus mencari jasa backlink yang memang menyediakan pemasangan yang manual. Biasanya ini akan jauh lebih aman ketimbang anda memakai layanan jasa backlink dengan software.

Saat ini ada beberapa layanan jasa backlink di Indonesia, tapi layanan yang saya rasa puas dalam pengerjaannya adalah jasa backlink dari trikmudahseo karena pengerjaannya memang 100% manual, dan ada penggantian backlink yang drop di tahap awal. Dengan penggantian ini backlink yang terindeks akan lebih maksimal.

Selain trikmudahseo, ada juga layanan jasa backlink yang lainnya seperti jasa backlink sponduu yang juga memberikan pemasangan backlink yang berkualitas dan bisa menaikkan peringkat website kita. Secara umumnya, mereka yang bisa ranking 10 besar di kata kunci jasa backlink pasti bukan jasa backlink sembarangan. Kata kunci ini termasuk berat optimasinya.

Konten

Nah, kalau konten kita bisa optimasi sendiri karena ini cukup mudah. Siapa saja yang bisa mengetik pasti bisa optimasi konten. Hal-hal yang perlu kita perhatikan saat melakukan optimasi konten adalah kelengkapan informasi yang kita sediakan. Jika informasi yang kita sediakan tidak lengkap, maka itu akan menjadi masalah.

  • Tapi selain kelengkapan informasi, ada banyak hal lain yang perlu kita lakukan, misalnya:
  • Pastikan judul memuat kata kunci
  • Pastikan di dalam artikel kepadatan kata kunci tidak kurang dari 2%
  • Usahakan menggunakan gambar ilustrasi untuk meningkatkan pemahaman pembaca
  • Gunakan ALT Tag pada gambar
  • Usahakan tidak ada link keluar kecuali benar-benar penting
  • Jika pesaing anda semuanya adalah blog atau media berita yang juga selalu melakukan update, maka anda juga dituntut untuk selalu melakukan update.

Hal-hal dasar ini akan sangat membantu optimasi website anda. Jika anda tidak melakukan hal-hal ini maka relevansi website anda bisa berkurang dan akan sangat sulit untuk ranking walaupun anda mempunyai jutaan backlink.

Jadi inilah cara melakukan optimasi konten untuk menunjang backlink yang masuk ke dalam website kita. Backlink tidak akan ada gunanya jika konten kita tidak relevan dengan kata kunci yang mengawal backlink tersebut.

USER EXPERIENCE

Ini adalah faktor ketiga terpenting di dalam SEO. Tidak peduli berapa banyak backlink yang bisa kita kumpulkan, atau berapa banyak artikel yang bisa kita ketik dalam sehari…. Jika pengunjung tidak betah di website kita, maka peringkatnya akan turun perlahan.

Jadi pertanyaannya bagaimana caranya agar pengunjung betah di website kita?

Ada beberapa hal yang bisa membuat pengunjung betah di website kita, yaitu kecepatan website, desain website, kemudahan sistem navigasi website, dan tentunya kualitas dari konten. Jika kita gagal memenuhi salah satu dari 4 hal ini, maka bisa saja pengunjung pergi meninggalkan website kita.

=============================

Jadi itulah 3 hal yang sangat penting untuk optimasi website kita. Sangat penting untuk memperhatikan ketiga hal ini jika anda mau bersaing di kata-kata kunci persaingan menengah hingga berat.