belajar programming
Maret 28, 2021 Oleh basjlutyp 0

Bagaimana Cara Terbaik Belajar Programming

Belajar coding adalah keterampilan baru yang semakin populer akhir-akhir ini. Begitu banyak permintaan untuk belajar programming di internet. Bahkan sekolah menengah telah menambahkan pemrograman dalam kurikulum mereka.

Segala sesuatu yang mungkin Anda pikirkan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau situs web. Anda sekarang bisa memesan taxi online, atau makanan atau belanja online hingga menonton film atau bahkan mengikuti kursus & keterampilan bermain game.

Dengan aplikasi yang didigitalkan, permintaan juga meningkat untuk pengembang dan pemrogram dan karenanya mempelajari bahasa pemrograman akan bermanfaat. Artikel ini membahas cara mempelajari bahasa pemrograman pilihan Anda dan cara yang benar untuk memulai perjalanan pemrograman Anda. Jadi mari kita mulai!

Sebelum anda mulai membaca lebih lanjut izinkan saya mengingatkan Anda bahwa Anda telah memilih jalan yang membutuhkan kesabaran dan motivasi untuk tidak pernah menyerah meskipun tantangan sangat banyak dalam perjalanan. Bacalah dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menjadi seorang programmer.

Pelajari Dasar-dasar Pemrograman

Langkah pertama dan terpenting adalah memilih bahasa untuk dipelajari. Dianjurkan untuk memulai dengan Python karena sederhana. Python ini seperti bahasa Inggris dan sangat mudah dipelajari, Anda bisa melihat beberapa tutorial Python di internet.

belajar programming

Tetapi Anda dapat memilih bahasa yang menarik minat Anda dan juga berdasarkan proyek yang ingin Anda kembangkan di masa depan. Jadi, jika Anda berencana mengembangkan aplikasi seluler, Anda mungkin ingin memulai dengan Java atau Kotlin untuk Android dan Swift untuk iOS, dan jika Anda ingin membangun situs web, disarankan Javascript, sebagai permulaan. Untuk profesi dalam ilmu data, AI & ML, Python & R adalah bahasa yang dipelajari.

Anda mungkin ingin mempelajari bahasa dengan salah satu dari dua cara berikut:

1. Melalui Situs Web Interaktif

Situs web dengan sistem pengkodean yang interaktif sangat dianjurkan untuk memulai pembelajaran anda ini. Website seperti ini dibangun dengan gagasan bahwa banyak pemula yang terjebak di awal ketika mereka mulai belajar kode. Dengan menggunakan sistem website yang interaktif anda bisa melihat bagaimana kode yang anda buat diekseskusi secara instan.

2. Melalui Video Tutorial

Jika Anda adalah orang yang menyukai studi terperinci dengan panduan langkah demi langkah, kami sarankan Anda mendaftar ke kursus pemrograman online. Kursus online saat ini sudah banyak yang bisa mengajarkan Anda dari awal.
Beberapa tutorial dan kursus juga menawarkan sertifikasi yang dapat membantu Anda nanti saat Anda mencari pekerjaan. Kami merekomendasikan kursus programming dari Nextgen untuk mempelajari bahasa yang disukai.

3. Fokus pada Dasar-dasar Pemrograman Pembelajaran

Itu selalu disarankan untuk membuat dasar pengetahuan yang kuat sehingga anda bisa menjadi pembuat kode pro. Pelajari dasar-dasarnya secara menyeluruh dan kreatiflah membuat masalah Anda sendiri dan menyelesaikannya. Tekankan topik-topik berikut untuk mulai belajar karena itu umum di hampir semua bahasa.

1. Jenis Data
2. Variabel
3. Fungsi
4. Array atau Daftar
5. If statement
6. Kondisi Loop
7. Kelas dan objek
8. Penanganan pengecualian
9. Hirarki, peta, dan lainnya.

Jika anda rajin mengerjakan pemecahan-pemecahan masalah untuk 9 poin di atas, maka anda akan bisa menyelesaikan banyak sekali masalah-masalah lainnya. Hal ini dikarenakan masalah di dalam pemrograman hanyalah pengembangan dari 9 masalah ini. Anda bisa mempelajari programming dengan sangat runut jika anda mengambil kursus programming yang berkualitas.