Oktober 22, 2019 Oleh basjlutyp 0

Apa Yang Dimaksud Dengan MLM Syariah?

MLM adalah sebuah metode pemasaran yang saat ini masih cukup kontroversial. Ada orang-orang yang pro dan ada juga yang kontra dengan sistem ini. Banyak yang beranggapan bahwa sistem MLM adalah sebuah sistem yang akan merugikan mereka yang ada di bawah. Namun para pelaku MLM berpendapat bahwa MLM yang sebenarnya tidak akan merugikan siapapun.

Para pelaku bisnis MLM sebenarnya berharap ada sebuah aturan hukum yang bisa menjadi pelindung bagi sebuah usaha MLM sehingga mereka yang tidak memenuhi syarat ini bisa dikeluarkan dari lingkungan MLM. Ini akan membuat masyarakat menjadi lebih mudah untuk mempercayai MLM yang memang benar-benar MLM dan bukan skema ponzi apalagi hanya sebuah permainan money game.

Untuk itulah banyak pemain MLM yang beralih ke istilah MLM Syariah. Mereka berharap sertifikasi MLM Syariah bisa membantu masyarakat untuk lebih mudah menerima konsep MLM ini. Adapun landasan untuk menentukan sebuah MLM Syariah adalah fatwa DSN MUI yang mengatur tentang penjualan langsung dan MLM. Fatwa ini menetapkan beberapa aturan yang harus diikuti jika ingin sebuah MLM disebut sebagai MLM Syariah. Jika mereka tidak bisa mengikuti aturan ini, maka mereka tidak akan bisa disebut sebagai MLM Syariah.

Aturan yang paling mendasar di dalam Fatwa ini adalah sebuah MLM harus mempunyai barang atau produk yang riil. Adapun produk yang dijual itu tidak boleh sesuatu yang haram. Sistem transaksi yang dilakukan pun harus bebas dari riba, gharar, maksiat, money game, dan lain sebagainya. Jika sebuah MLM bisa memenuhi sistem ini, maka pada dasarnya MLM ini bisa disebut sebagai MLM Syariah.

Salah satu MLM yang lulus dari penilaian ini adalah MLM Syariah HPA Internasional yang berasal dari Malaysia. MLM ini mempunyai banyak sekali ragam produk yang semuanya dijamin kehalalannya. Sistem marketing atau pemasarannya pun dipandang sebagai sistem yang bebas dari riba. Ini membuat banyak orang tertarik untuk bergabung dengan MLM HPA Internasional ini.

Masih ada banyak lagi MLM lainnya yang sudah mendaftarkan diri menjadi MLM Syariah dan saat ini sudah menjalankan bisnis mereka di Indonesia. Ada banyak sekali agen-agen MLM yang mempromosikan MLM mereka sebagai MLM yang memenuhi standar Syariah Islam. Tentunya ini membuat para pelaku bisnis MLM menjadi lebih nyaman menjalankan usaha mereka.