Juli 28, 2019 Oleh farid 0

Apa Fadhilah Surat Yasin? Menurut Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Sebelum masuk pada pembahasan utama, sebelumnya kita harus ketahui dulu apa arti dari Fadhilah. Fadhilah adalah bahasa arab, yang jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia artinya adalah Keutamaan.

Lalu apa fadhilah surat yasin ini, apakah benar surah ini memiliki fadhilah lebih dibanding surat-surat lain didalam al quran? bagaimana menurut ustadz Abu Yahya? Silahkan baca hingga selesai.

Fadhilah Surat Yasin Menurut Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Didalam sebuah video yang diupload di Youtube, Ustadz Abu Yahya Badrusalam sedang tanya jawab bersama mustami setelah kajiannya usai.

Ada seorang mustami yang bertanya kepada Ustadz Abu Yahya Badrusalam,”Ustadz apakah benar membaca surat yasin di pagi hari akan dimudahkan urusannya sampai sore apakah benar?”

Setelah mendengar pertanyaan tersebut, Ustadz Abu Yahya Badrusalam langsung menjawab,

“Ibu, kita tidak boleh meyakini keutamaan surat tertentu kecuali dengan dalil yang shahih. dan ternyata dalil tentang fadhilah surat Yasin ini hadits nya tidak shahih.

Ustadz Abu Yahya Badrusalam melanjutkan, “Lalu apakah artinya kita tidak boleh membaca surat yasin? Bukan gak boleh, baca surat yasin bagus! Tapi jangan punya keyakinan-keyakinan tertentu tanpa dalil yang shahih.”

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, Ustadz Abu Yahya Badrusalam kemudian menjelaskan cara bagaimana agar kita dimudahkan segala urusan sampai sore.

Beliau menjelaskan ada sebuah hadits qudsi dimana Allah SWT berfirman: “Hai anak adam, siapa yang shalat 4 rakaat diawal siang maka akan aku cukupi di akhir siang.”

Maksud shalat 4 rakaat di hadits tersebut terjadi ikhtilaf diantara para ulama, ada yang berpendapat solat tersebut adalah shalat qabliyah dan shalat shubuh, disatukan jadi 4 rakaat. Namun sebagian ada juga yang mengatakan shalat tersebut adalah shalat dhuha 4 rakaat.

Video tersebut berdurasi cukup pendek, yakni hanya 1:54 menit. Video tersebut diupload oleh Channel “Kajian Sunnah” pada tangga 7 Januari 2017. Hingga saat artikel ini dibuat, video sudah ditonton lebih dari 950 kali.

Anda dapat melihat video tersebut di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=osSROLj8YDA

Siapa Ustadz Abu Yahya Badrusalam?

Menurut Wikipedia, Ustadz Abu Yahya Badrusalam adalah seorang Da’i dan Mubaligh. Ia adalah pendiri radio dakwah islam yang sudah terkenal di Indonesia, yakni Radio Rodja.
Beliau lahi di Bogor, Cileungsi, Kampung Tengah. Pada 27 April 1976.

Beliau juga adalah seorang penulis yang telah menerbitkan beberapa karya, diantaranya buku yang berjudul “Menyelami Samudera Basmalah”, “Panduan Hidup di Akhir Zaman”, Pengaruh Niat dalam Kehidupan”, dan lain-lain.

Jika anda ingin membaca surah ini dalam bahasa arab dan inggris, anda dapat membacanya di link https://quran.com/36

Sekian artikel tentang fadhilah surah yasin ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda dan juga bagi admin.
Sampai bertemu pada artikel-artikel selanjutnya.
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk share artikel ini ke sosial media agar lebih banyak lagi yang membaca artikel ini.