Maret 16, 2020 Oleh bangizal 0

5 Tips Sukses Berbisnis Online Di E-Commerce

Teknologi digital serta internet saat ini terus tumbuh pesat. Sehingga ini jadi berkah bagi para pebisnis. Sebab dengan tumbuh pesatnya platform digital, makin banyak bermunculan juga web e-commerce populer di Indonesia.

Keberadaan e-commerce ini sangat berguna sekali untuk pebisnis. Karna pasar daring tersebut mampu menyajikan sistem transaksi yang gampang dan dengan jangkauan pasar yang luas.

Bila sistem bisnis konvensional alias toko online cuma sanggup menjangkau segmen pasar dalam ruang lingkup terbatas, pasar online ini sanggup menjangkau segmen pasar sampai ke segala daerah Indonesia.

Nah, bila kamu seorang pebisnis, dan ingin pangsa pasar usahamu bisa lebih luas lagi, maka bisa bergabung di salah satu e-commerce populer yang terdapat di Indonesia.

Lumayan banyak e-commerce terkemuka yang terdapat di Indonesia. Kamu dapat berjualan online di Tokopedia, Bukalapak, OLX, ataupun pasar daring yang lainnya. Terserah kamu ingin seleksi yang mana.

Sesudah kamu membuat toko online di salah satu e-commerce tersebut, langkah selanjutnya yaitu mempelajari cara sukses jualan online di e-commerce tersebut.

Berikut panduannya:

1. Mempersiapkan produk kamu.

Bila mau berjualan di e-commerce, kamu perlu menyediakan produk yang akan dijual. Kalau kamu pebisnis toko offline, maka tinggal kamu foto saja produk ditoko kamu tersebut, setelah itu upload ke toko online kamu.

Tetapi bila kamu betul-betul penjual online pendatang baru serta belum memiliki produk sama sekali, maka bisa berjualan online dengan metode menjual produk orang lain. Metode ini terkenal dengan sebutan reseller serta dropshipper.

2. Paham apa kebutuhan konsumen.

Ini merupakan tips berikutnya yang wajib kamu tahu.

Kebutuhan tiap orang tentu berbeda-beda. Kebutuhan orang tua pasti jauh berbeda dengan anak muda. Oleh sebab itu kamu harus paham kemana sasaran market produk kamu.

Misalnya bila produk yang kamu jual adalah gadget, hendaknya kamu lebih memprioritaskan stok produk gadget yang terkini. Karena konsumen produk gadget mayoritasnya anak muda. Dan tentu kamu tahu yang namanya anak muda sangat suka dengan yang serba baru alias up to date.

3. Sanggup mengamati kekuatan kompetitor Kamu.

Mengamati kekuatan kompetitor merupakan bagian penting berikutnya yang wajib kamu terapkan.

Pengamatan terhadap kompetitor ini berfungsi untuk mengukur strategi pesaing kamu. Bila kompetitormu unggul dalam segi pelayanan, maka kamu harus dapat mengikutj langkah dan strategi pesaing kamu itu.

Dan bila pesaing kamu unggul dari segi penyajian gambar produk yang jelas plus deskripsinya lengkap, kamu pun harus dapat meniru langkah serta strategi kompetitormu itu.

Tentu jangan meniru mentah-mentah. Ambil secara garis besarnya saja, dan kemudian meramu strategi tersebut dengan teknik serta karakteristik khas kamu sendiri.

4. Berupaya sediakan produk yang bermutu.

Tips sukses jualan online di marketplace selanjutnya yaitu dengan menyediakan produk yang bermutu baik.

Jadi jangan pernah menjual produk dengan mutu rendah, sebab efeknya bisa parah dan fatal. Gara-gara memperoleh produk yang bermutu rendah itu, dapat membuat konsumen kamu jadi kapok dan tidak mau berbelanja lagi di toko onlinemu.

5. Senantiasa menulis deskripsi produk dengan selengkapnya.

Soal deskripsi produk ini sudah aku singgung sedikit pada tulisan di atas. Tetapi karna begitu vitalnya bagian ini, jadi perlu aku pertegas lagi di poin ke 5 ini.

Deskripsi produk yang lengkap akan sangat berguna. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahpahaman dari calon pembeli. Jadi terkadang ada produk yang ambigu, sehingga harus diberikan penjelasan yang lebih rinci di bagian deskripsi produk.

Memang terkadang menulis deskripsi produk yang lengkap ini bakal sedikit merepotkan kamu. Sebab terkadang terdapat bagian produk yang mesti diuraikan secara panjang lebar. Tetapi lebih baik kamu agak repot sedikit, daripada cuma menulis deskripsi yang sangat pendek, namun setelah itu membuat konsumen kamu kecewa dan kemudian komplain. Malah kamu bakal lebih repot lagi jika kejadiannya telah begini.

Nah demikianlah 5 tips sukses berbisnis online di e-commerce. Mudah-mudahan bermanfaat.