teknik digital marketing
Juli 9, 2021 Oleh basjlutyp 0

3 Bentuk Digital Marketing Yang Paling Umum

Saat ini ada banyak sekali orang yang mencoba melakukan digital marketing. Hal ini dikarenakan digital marketing mempunyai banyak sekali keunggulan dibandingkan pemasaran tradisional.

Jika anda berpikiran untuk melakukan digital marketing, maka anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa teknik atau metode yang bisa anda coba. Di bawah ini adalah 3 metode digital marketing atau digital marketing strategy yang bisa anda coba.

teknik digital marketing

Pengoptimalan mesin pencari (SEO)

Ini adalah proses mengoptimalkan situs web anda untuk “berperingkat” lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, sehingga meningkatkan jumlah lalu lintas organik (atau gratis) yang diterima situs web anda. Saluran yang mendapat manfaat dari SEO termasuk situs web, blog, dan infografis.

Ada beberapa cara untuk mendekati SEO untuk menghasilkan lalu lintas yang berkualitas ke situs web anda. Ini termasuk:

On page SEO: jenis SEO ini berfokus pada semua konten yang ada “di halaman” ketika melihat sebuah situs web. Dengan meneliti kata kunci untuk volume dan maksud (atau makna) pencarian mereka, anda dapat menjawab pertanyaan untuk pembaca dan peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (serp) yang dihasilkan oleh pertanyaan tersebut.

Off page SEO: jenis SEO ini berfokus pada semua aktivitas yang terjadi “di luar halaman” ketika ingin mengoptimalkan situs web anda. “aktivitas apa yang tidak ada di situs web saya yang dapat memengaruhi peringkat saya?” anda mungkin bertanya. Jawabannya adalah inbound link, juga dikenal sebagai backlink. Jumlah penerbit yang menautkan ke anda, dan “otoritas” relatif dari penerbit tersebut, memengaruhi seberapa tinggi peringkat anda untuk kata kunci yang penting bagi anda. Dengan berjejaring dengan penerbit lain, menulis posting tamu di situs web ini (dan menautkan kembali ke situs web anda), dan menghasilkan perhatian eksternal, anda bisa mendapatkan tautan balik yang anda butuhkan untuk memindahkan situs web anda ke semua serp yang tepat.

SEO teknis: jenis SEO ini berfokus pada backend situs web anda, dan bagaimana halaman anda dikodekan. Kompresi gambar, data terstruktur, dan pengoptimalan file css adalah semua bentuk SEO teknis yang dapat meningkatkan kecepatan pemuatan situs web anda — faktor peringkat penting di mata mesin telusur seperti google.

Untuk contoh nyata tentang cara berhasil menerapkan SEO ke dalam strategi marketing digital anda, lihat studi kasus kami di canva di sini:

Marketing konten

Istilah ini menunjukkan pembuatan dan promosi aset konten untuk tujuan menghasilkan kesadaran merek, pertumbuhan lalu lintas, perolehan prospek, dan pelanggan. Saluran yang dapat berperan dalam strategi marketing konten anda meliputi:

Posting blog: menulis dan menerbitkan artikel di blog perusahaan membantu anda menunjukkan keahlian industri anda dan menghasilkan lalu lintas pencarian organik untuk bisnis anda. Ini pada akhirnya memberi anda lebih banyak peluang untuk mengubah pengunjung situs web menjadi prospek bagi tim penjualan anda.

Ebook dan whitepaper: ebook, whitepaper, dan konten bentuk panjang serupa membantu mengedukasi pengunjung situs web lebih lanjut. Ini juga memungkinkan anda untuk bertukar konten dengan informasi kontak pembaca, menghasilkan prospek untuk perusahaan anda dan menggerakkan orang melalui perjalanan pembeli.

Infografis: terkadang, pembaca ingin anda menunjukkan, bukan memberi tahu. Infografis adalah bentuk konten visual yang membantu pengunjung situs web memvisualisasikan konsep yang ingin anda bantu mereka pelajari.

Ingin belajar dan menerapkan marketing konten untuk bisnis anda? Lihat halaman sumber pelatihan marketing konten gratis dari hubspot academy.

Marketing media sosial

Praktik ini mempromosikan merek dan konten anda di saluran media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas, dan menghasilkan prospek untuk bisnis anda. Saluran yang dapat anda gunakan dalam marketing media sosial meliputi:

  1. facebook.
  2. indonesia.
  3. linkedin.
  4. instagram.
  5. snapchat.
  6. pinterest.

Jika anda baru mengenal platform sosial, anda dapat menggunakan alat seperti hubspot untuk menghubungkan saluran seperti linkedin dan facebook di satu tempat. Dengan cara ini, anda dapat dengan mudah menjadwalkan konten untuk beberapa saluran sekaligus, dan juga memantau analitik dari platform.

Jadi inilah beberapa metode digital marketing yang bisa anda coba. Metode ini memerlukan pengetahuan yang memadai untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan. Jadi sangat direkomendasikan agar anda meluangkan waktu untuk mempelajari metode-metode ini secara bertahap.